Sabtu , 31 Oktober 2020
New Posts

Cara Update APK di Google Play Console

You are here:
  • KB Home
  • APK
  • Cara Update APK di Google Play Console
< Back

Setelah kita mengupload aplikasi di Google Play Store pada artikel Cara Upload APK ke Google Play Store, tentu kita ingin tetap menambah maupun memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada di dalam aplikasi kita. Langkah yang pasti akan kita tempuh yaitu update aplikasi ke Google Play Store.

Dengan update aplikasi ke Google Play Store maka akan berdampak pada kualitas aplikasi yang kita punya. Langkah-langkah untuk melakukan update aplikasi android dari Google Play Console adalah sebagai berikut:

Step 1 : Persiapan APK

Dalam melakukan update aplikasi, ada beberapa peraturan yang harus kita penuhi. Pada dasarnya Google punya peraturan dalam mengelola aplikasi yang terdapat di dalam playstore, berikut peraturannya :

  1. Aplikasi yang telah diupload dan memiliki status published tidak akan bisa dihapus dari akun play console kita namun bisa kita hapus dari playstore. Nama package aplikasi kita akan disimpan oleh google dan kita tidak bisa mengupload aplikasi baru dengan nama package yang pernah diupload di Google Playstore.
  2. Aplikasi harus telah ditandatangani oleh keystore yang sama dengan keystore pada saat pertama kali kita upload aplikasi.
  3. Pada file AndroidManifest.xml, kita harus mengganti nilai android:versionCode agar jadi satu tingkat diatas angka awal. Contoh, jika versionCode aplikasi pertama bernilai “1” maka di update selanjutnya harus/wajib ditingkatkan menjadi “2”. VersionCode ini digunakan untuk mengetahui apakah aplikasi ini merupakan sebuah update dan juga digunakan untuk memudahkan programmer dalam mengetahui versi update aplikasi. VersionCode ini tidak berpengaruh pada versi yang ditampilkan pada play store nanti, tapi lebih ditujukan kepada programmer / pengembang aplikasi.

Step 2 : Update APK ke Google Play Console

Setelah kita selesai mengcopile apk sesuai dengan peraturan diatas, maka kita telah siap untuk mengupdate aplikasi ke playstore. Berikut langkah-langkahnya:

u1

    • Pilih Release management => App releases.

u2

    • Pada bagian Production track, klik MANAGE.

u3

    • Klik tombol CREATE RELEASE.

u4

    • Pada halaman ini kita akan mengupload file APK. Klik tombol BROWSE FILE atau DROP file APK anda untuk upload.

u5

    • Pilih file update aplikasi dengan format APK. Jika semua persyaratan telah dipenuhi, maka akan muncul seperti gambar dibawah.

u6

    • Menambahkan informasi tentang aplikasi yang baru diupload, misal perbaikan dan penambahan fitur apa saja yang terdapat pada update yang baru.

u7

    • Setelah klik SAVE, klik REVIEW untuk maju ke tahap selanjutnya yaitu konfirmasi terkait peluncuran update aplikasi. Halaman ini berisi informasi APK yang akan diupdate dan yang akan dinonaktifkan, informasi fitur dan juga jumlah perangkat yang aktif dengan versi aplikasi kita.

u8

    • Jika sudah yakin, klik START ROLLOUT TO PRODUCTION (tidak ada pesan konfirmasi ketika kita klik tombol tersebut).

u9

    • Berikut pesan yang ditampilkan setelah peluncuran update aplikasi.

u10

    • Selesai, aplikasi yang diupdate akan direview oleh tim Google Play Store dalam beberapa jam.

Jika aplikasi yang telah diupdate ternyata terdapat pelanggaran peraturan Google Play Store maupun peraturan-peraturan lainnya, maka aplikasi akan ditolak dan APK versi lama akan kembali digunakan.

Demikian Cara Update APK di Google Play Console, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Penasaran?? Selamat mencoba🙂

 

 

 

 

 

Comments are closed.

Scroll To Top